Cara merawat harddisk agar awet


Cara merawat harddisk agar awet - Hard disk merupakan komponen yang cukup penting pada computer. Karena hard disk merupakan tempat penyimpanan data yang dibutuhkan computer seperti system operasi salah satunya. Walaupun posisi hard disk sekarang sudah agak sedikit tergeser oleh SSD. Namun hard disk masih banyak digunakan dan dibutuhkan oleh banyak karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga SSD yang hamper 2 kali lipat dari harga Hard disk.

Cara merawat harddisk agar awet

Sebagai komponen elektronik, tentunya harddisk juga akan mengalami kerusakan pada jangka waktu tertentu. Meskipun suatu saat hardidisk akan rusak, tidak ada salahnya jika anda merawat kesehatan harddisk tersebut. Dengan cara tertentu, anda bisa menjaga kesehatan harddisk anda agar kinerjanya tetap terjaga. Dengan begitu harddisk anda akan lebih awet daripada harddisk yang tidak dijaga kesehatannya.

Pada kesempatan kali ini, IT Smurf akan memberitahu cara merawat kondisi harddisk agar awet dan tidak cepat rusak. Hal ini bisa dilakukan dan diikuti oleh siapa saja asalkan ada kemauan. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara merawat harddisk dengan benar.

Cara Merawat Harddisk agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan harddisk anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan pada harddisk anda.

1. Matikan Perangkat dengan Benar

Jika anda sudah selesai menggunakan computer atau laptop, pastikan anda mematikannya dengan cara yang sesuai yaitu shutdown. Anda bisa saja mematikkan perangkat dengan cara menekan tombol power, namun hal tersebut sangat tidak baik dilakukan. Mengingat bahwa ketika perangkat sedang menyala, maka system akan dijalankan oleh harddisk. Apabila anda mematikannya secara paksa, maka harddisk akan lebih cepat rusak.

2. Gunakan Laptop dipermukaan Yang keras

Jika anda menggunakan laptop, pastikan tempat tersebut memungkinakan laptop untuk megeluarkan udara panas yang ada didalamnya. Jika anda menggunakan laptop ditempat yang tidak keras seperti kasur, maka panas yang dihasilkan oleh harddisk di dalam laptop tidak akan keluar. Hal tersebut juga akan membuat kondisi harddisk menjadi cepat rusak.

3. Simpan Data Secukupnya

Harddisk memanglah berfungsi sebagai  penyimpanan data dan file. Namun anda juga tidak harus membebani harddisk tersebut dengan menyimpan file terlalu banyak. Sisakan sedikit kapasitas yang ada di harddisk.

4. Hapus File Sampah secara Rutin

Seiring waktu berjalan, penggunaan harddisk tentunya akan menghasilkan file-file sampah yang sudah tidak berguna lagi. Anda harus membersihkan file-file sampah tersebut secara rutin, sehingga kapasitas harddisk yang tersisa akan menjadi lebih besar.

5. Hindari Benturan

Sebagai komponen elektronik, harddisk juga akan error ketika dia terbentur sengaja maupun tidak sengaja. Apalagi jika harddisk tersebut terjatuh dari tempat yang tinggi, kemungkinan besar harddisk tersebut akan rusak. Jadi hindari benturan pada harddisk anda.

6. Lakukan Pembersihan Rutin

Anda juga harus membesihkan harddisk secara rutin. Namun kami menyarankan untuk membawanya kepada ahlinya. Karena bisa saja harddisk akan menjadi error jika cara pembersihannya tidak tepat. Jadi anda bisa membawanya ketempat service computer atau tempat lainnya.

7. Gunakan Antivirus TErbaik

Karena harddisk merupakan tempat penyimpanan, maka anda perlu menjaga harddisk ini dari virus atau Trojan yang berbahaya dengan cara memasang anti virus pada perangkat anda. Sehingga harddisk akan aman dari serangan virus.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara merawat harddisk agar awet. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see u next time !


Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara merawat harddisk agar awet"