Cara Mengatasi Google Play yang Error


Cara Mengatasi Google Play yang Error - Sudah banyak orang yang menggunakan smartphone android pada tahun 2020 ini. Banyak orang yang menggunakan smartphone android ini untuk melakukan komunikasi. Namun tidak sedikit juga yang hanya menggunakan android untuk bermain game saja. Ketika kita ingin mendownload suatu aplikasi seperti game, social media ataupun aplikasi lainnya, kita pasti akan mendownloadnya di playstore.
Cara Mengatasi Google Play yang Error

Playstore merupakan salah satu aplikasi yang disediakan oleh android untuk memenuhi keinginan pengguna. Namun apa jadinya  jika playstore error? Tentu saja hal tersebut akan sangat merepotkan anda. Anda akan kerepotan dan kesulitan jika ingin mendownnload sesuatu di playstore namun playstore pada android anda sedang error.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi playstore yang error. IT Smurf akan membahas secara tuntas mengenai cara mengatasi playstore yang error. Karena ketika playstore error, maka kita sebagai pengguna android akan sangat kebingungan dan belum mengetahui solusi untuk mengatasi error tersebut.

Biasanya error pada playstore akan menampilkan pesan unfornately, the process has stopped. Biasanya pesan tersebut akan muncul ketika anda sedang membuka playstore. Bagi anda yang ingin mengetahui cara untuk mengatasi playstore yang error, anda harus membaca artikel ini hingga akhir. Sehingga anda tidak akan resah dan bingung lagi.

Cara Mengatasi Playstore yang Error

Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error pada playstore android. Berikut ini penjelasan serta langkah-langkah untuk mengatasi error pada playstore dengan mudah.

1. Mereset referensi Aplikasi

Cara pertama ini mengharuskan anda mengatur ulang pengaturan aplikasi. Berikut ini langkah-langkah mengatasi playstore yang error dengan cara mereset referensi aplikasi :
  • Pertama, buka pengaturan/settings yang ada di smartphone android anda.
  • Kemudian cari dan pilih menu manajer aplikasi/kelola aplikasi.
  • Setalah manajer aplikasi terbuka, klik ikon titik 3 yang ada dipojok kanan atas.
  • Maka akan muncul beberapa opsi, kemudian pilih opsi reset referensi aplikasi.
  • Jika proses sudah selesai, coba buka playstore yang ada di smartphone anda.


Jika cara yang pertama ini belum berhasil, anda bisa mencoba cara yang kedua yaitu cara alternative yang bisa anda lakukan untuk mengatasi google playstore yang error.

2. Mengatasi Google Playstore No Connection/Check Connection and Try

Cara kedua ini IT Smurf akan memberitahu langkah-langkah untuk mengatasi google playstore yang memberi pesan no connection/check connection and try. Anda pasti kebingungan ketika mendapatkan pesan tersebut. Padahal jaringan anda bagus dan masih memiliki kuota yang cukup. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi google playstore no connection :
  • Pertama buka pengaturan/settings yang ada di hp anda.
  • Kemudian pilh kartu sim & jaringan.
  • Jika anda menggunakan dual sim, pilih sim yang anda gunakan untuk internetan.
  • Kemudian pilih Nama Titik Akses (APN).
  • Lalu klik apn yang sedang digunakan atau yang dipakai.
  • Jika terdapat proxy pada APN tersebut, silahkan hapus proxy tersebut.
  • Lalu simpan perubahan, kemudian restart smartphone anda.
  • Setelah di restart, coba buka playstore, dan pastikan aplikasi google playstore sudah berjalan dengan normal.


Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi aplikasi googleplay store yang error. IT Smurf menggunakan hp xiaomi pada tes ini, mungkin aka nada sedikit perbedaan nama menu jika anda menggunakan hp merk lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Play yang Error"