Pengertian dan fungsi email yang perlu anda ketahui


Pengertian dan fungsi email yang perlu anda ketahui - Email merupakan surat elektronik yang bisa kita gunakan untuk mengirim atau pun menerima surat digital melalui jaringan internet. Zaman semakin canggih dan sudah sangat berbeda, waktu dahulu sebelum ada email kita diharuskan untuk menulis surat menggunakan kertas dan juga menulisnya menggunakan tinta. Namun sekarang setelah ada email kita tidak perlu lagi menggunakan kertas dan juga tinta, kita hanya perlu mengetik pesan tersebut menggunakan smartphone atau pun komputer.

Pengertian dan fungsi email yang perlu anda ketahui

Email merupakan salah satu media elektronik kirim pesan yang paling efisien, cepat, tepat, murah dan juga aman. Sehingga sudah tidak asing lagi apabila kita dipoerintahkan untuk mengirim berbagai hal seperti tugas, cv lamaran kerja, dan hal lainnya menggunakan email. Karena email bisa kita dapatkan secara gratis dan sangat mudah.

Pada keempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu pengertian dan manfaat menggunakan email. Dengan harapan setelah anda membaca artikel ini, wawasan anda akan menjadi lebih luas lagi. Bagi anda yang kepo dan juga penasaran dengan pengertian dan juga manfaat menggunakan email, simak dan baca artikel ini hingga akhir.

Pengertian Email

Seperti yang sudah kita ketahui yaitu email berasal dari kata e-mail yang berarti surat elektronik. Jadi dapat disimpulkan email merupakan surat elektronik yang digunakan untuk menerima dan mengirim pesan melalui internet. Dengan begitu proses pengiriman akan lebih efisien dan cepat jika dibandingkan mengirim surat menggunakan surat yang ditulis tangan.

Manfaat dan Fungsi Email

Sebenarnya selain digunakan untuk mengirim dan juga menerima surat elektronik, email juga memiliki fungsi lain yang perlu anda ketahui. Berikut ini beberapa fungsi email yang sangat bermanfaat bagi kita.

1. Mengirim dan Menerima Pesan

Bisa dibilang ini merupakan fungsi utama dari email yaitu mengirim dan juga menerima pesan elektronik.  Pesan yang dikirimkan melalui email akan di proses dan akan terkirim pada email tujuan dengan waktu yang sangat cepat. Penerima email tersebut juga akan bisa menerima dan membuka pesan tersebut dimana saja dan kapan saja, tentunya harus memiliki koneksi internet.

2. Mengirim dan Menerima File

Anda bisa menyisipkan berbagai jenis file didalam email yang akan anda kirimkan. Anda bisa mengirimkan berbagai jenis file seperti video, foto, doumen dan lainnya dengan batas ukuran file tertentu. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk kebutuhan anda seperti mengirim tugas, mengirim foto, cv dan lain sebagainya.

3. Email untuk Mendaftar di Berbagai Website

Jika anda sering mengunakan social media, tentunya anda perlu mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Biasanya beberapa website meminta anda untuk mengisi email yang anda gunakan. Email ini berguna untuk informasi login anda dan bisa anda manfaatkan ketika anda lupa password akun anda. Bukan hanya social media saja, masih banyak website lain yang meminta informasi email seperti e-commerce, situs forum, game online dan masih banyakn lainnya.

Nah itulah beberapa fungsi email yang sangat bermanfaat bagi kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya masih banyak sekali fungsi email yang sangat  bermanfaat bagi kita, namun menurut IT Smurf penjelasan diatas tentunya sudah cukup untuk menambah wawasan anda.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pengertian dan fungsi email perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermafaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda. Bagikan artikel ini jika anda suka dengan artikel ini. Thank you and see you next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Pengertian dan fungsi email yang perlu anda ketahui"