IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.


15 Juta data pengguna tokopedia dikabarkan bocor ! - Akhir-akhir ini tokopedia sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Karena ada sebuah twit yang menyatakan bahwa tokopedia telah berhasil di bobol oleh sebuah hacker yang mengklaim bahwa ia memiliki 15 juta data pengguna tokopedia secara lengkap. Mulai dari nama lengkap, email, jenis kelamin, nomor telepon, tanggal lahir dan yang terpenting adalah password.

15 Juta data pengguna tokopedia dikabrakan bocor !

Hal ini diungkapkan oleh akun twitter Under The Breach. Akun twitter tersebut menunjukkan sebuah screenshot yang berisi postingan seorang hacker di sebuah forum. Hacker tersebut menampilkan sebuah screenshot yang berisikan data yang ia miliki terkait tokopedia seperti email, nomor telepon. Data tersebut sangat jelas, namun hanya sedikit berupa potongan data yang ia miliki saja.

Tentu saja pengguna tokopedia yang mengetahui bahwa tokopedia telah dibobol oleh seorang hacker akan sangat cemas. Apalagi mereka telah mengaitkan beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit, ovo atau cara pembayaran lainnya.  Namun anda tidak perlu khawatir karena password yang ia miliki belum diketahui sepenuhnya karena masih berupa hash.

Password yang ia miliki masih dalam bentuk terenkripsi, yang berarti dia harus memecahkan dan menemukan kata kunci untuk membuka enkripsi password tersebut. Sehingga ia meminta bantuan ke forum tersebut. Apakah ini berbahaya ? ya tentu saja ini sangat berbahaya bagi pengguna e-commerce yang terkenal dengan warna hijau ini. Karena data-data pribadi mereka bocor.

Bagimana Data Pengguna Tokopedia Bisa Bocor ?

Bagaimana data ini bisa bocor ? beberapa waktu lalu  dalam acara info komputer tech gathering, mereka menyebutkan startegi mereka dalam melindungi data pengguna. Waktu kepa IT tokopedia Setiawan Hermanto berbagi informasi terkait strategi mereka dalam melindungi data pengguna.

15 Juta data pengguna tokopedia dikabrakan bocor !

Bisa saja hacker tersebut memanfaaatkan informasi-informasi tersebut untuk melakukan penetration ke tokopedia. Namun isu-isu hacking tokopedia bukan baru sekali. Waktu tahun lalu juga sempat ramai diperbincangkan tokopedia terkena hack. Namun ternyata itu bukan kesalahan keamanan tokopedia. Tetapi kesalahan para user yang menggunakan email dan password yang sama dimanapun. Sehingga ketika hacker tersebut berhasil membobol suatu website dan mendapat email dan juga password, ia mencoba-coba untuk login dengan kombinasi email dan password yang ia dapat di tokopedia.

Apakah isu yang sedang ramai diperbincangkan ini benar ? ya benar sekali pihak tokopedia telah memberi informasi terkait isu tokopedia yang telah berhasil di hack. Nuraini Razak, VP of Corporate Communications, tokopeda mengungkapan bahwa memang benar adanya upaya pencurian data pengguna tokopedia. Walaupun begitu ia mengklaim bahwa semua data yang bocor tersebut tetap berhasil terlindungi.

Sebelum hal buruk terjadi pada akun tokopedia anda, sebaiknya cepatlah menggangi password dan menghapus seluruh informasi pembayaran seperti kartu kredit, ovo dan lain sebaginya. Karena tujuan hacker membobol suatu akun e-commerce adalah untuk mendapatkan informasi pembayaran seperti kartu kredit contohnya.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai tokopedia yang kabarnya dibobol oleh hacker. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui berita ini dan cepat-cepat mengganti password akun tokopedia miliknya. Thank u and see u next time bree !

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk "15 Juta data pengguna tokopedia dikabarkan bocor !"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel