Cara cek kapasitas RAM hp android dengan mudah


Cara cek kapasitas RAM hp android dengan mudah - RAM merupakan salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Banyak orang yang berifikiran bahwa hp dengan RAM besar akan lebih bagus. Sebenarnya opini tersebut tidak salah, karena RAM juga menjadi salah satu faktor penting untuk mengetahui performa smartphone. RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data yang sedang berjalan pada system. RAM sangat berpengaruh dalam kecepatan dan kelancaran smartphone bekerja. Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, tentu itu akan membuat smartphone jauh lebih lancar dan cepat.

Cara cek kapasitas RAM hp android dengan mudah

Maka dari itu, banyak orang yang membeli hp dengan kapasitas RAM yang besar. Karena mereka menginginkan smartphone yang berjalan dengan lancar, tanpa ada lag. Besarnya RAM bisa menjadi patokan ketika anda membeli sebuah smartphone. Karena semakin besar RAM yang dimiliki oleh smartphone, tentu performa yang dimiliki akan lebih bagus. Begitu juga dengan harganya, yang sudah pasti akan mengocek kantong lebih dalam lagi.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara cek RAM pada hp android dengan mudah. Anda perlu melakukan hal ini, karena dengan mengetahui kapasitas RAM yang dimiliki, anda bisa mengukur dan mempertimbangkan untuk memasang aplikasi yang cocok dan tidak membebani hp anda. Karena jika kapasitas RAM yang digunakan tidak sesuai dengan aplikasi-aplikasi yang anda install, tentu saja hp anda akan terasa lemot bahkan hang.

Banyak sekali kasus hp android yang hang. Hal tersebut dikarenakan hp tidak mampu menjalankan system karena tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Maka dari itu sebelum anda mengalami hal tersebut, lebih baik anda mengetahui kapasitas RAM pada hp anda. Sehingga anda dengan mudah mengetahui apakah hp anda sanggup menjalankannya atau tidak.

Cara Cek RAM HP Android dengan Mudah

Cara ini bisa anda terapkan pada semua merk dan tipe hp android. Contohnya seperti Samsung, xiaomi, vivo, oppo dan merk lainnya. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek kapasitas RAM pada HP android dengan mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan pada hp android anda.

Cek RAM Menggunakan CPU-Z

Anda bisa menggunakan aplikasi CPU-Z untuk mengecek kapasitas dan kecepatan RAM yang dimiliki oleh smartphone anda. Selain itu, anda bisa mengetahui informasi lain seperti processor, ukuran layar, kapasitas memori internal, memori eksternal, baterai dan informasi lain terkait smartphone anda.

Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, anda bisa mendapatkannya secara gratis di playstore. Anda bisa mencari aplikasi CPU-Z pada kolom pencarian playstore. Lalu mendownloadnya secara gratis. Untuk mengecek RAM, anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut, maka anda akan melihat informasi mengenai RAM, processor dan lain sebagainya.

Melalui Informasi Google

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, karena anda hanya perlu mengetik spesifikasi merk dan tipe hp anda pada pencarian google. Maka akan banyak sekali informasi mengenai spesifikasi seperti RAM, processor, ukuran layar, kapasitas baterai dan lainnya terkait smartphone yang anda miliki. Jadi, anda tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan. Namun, cara ini tidak akan bisa anda lakukan jika anda tidak mengetahui tipe smartphone yang anda gunakan.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara cek kapasitas RAM pada hp android semua merk dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda mengetahui cara cek kapasitas ram pada hp android juga. Thank u and see u next time bro . . .

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara cek kapasitas RAM hp android dengan mudah"