Cara scan dokumen menggunakan hp android


Biasanya orang-orang akan melakukan scan pada dokumen-dokumen pribadi untuk kebutuhan tertentu. Bisa untuk diarsip, pendaftaran sekolah, kuliah bahkan kerja atau kebutuhan lainnya. Alat yang biasa digunakan ialah alat scanner yang sudah pasti terhubung ke computer ataupun laptop. Namun sudah pasti tidak semua orang memiliki alat tersebut. biasanya orang akan melakukan scan dokumen ke tempat fotocopy ataupun warnet yang dekat-dekat di sekitar rumahnya.

Cara scan dokumen menggunakan hp android

Melakukan scan ke fotocopy atau warnet tentu saja anda perlu mengeluarkan biaya. Bukan hanya itu saja, bagi anda yang berada di wilayah yang belum ada fotocopy atau warnet, tentu saja akan sangat merepotkan. Namun tenang saja, jika anda memiliki smartphone, kini anda bisa melakukan scan dokumen menggunakan smartphone yang anda miliki.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara melakukan scan dokumen menggunakan android. Cara ini tentu saja akan sangat membantu anda yang malas jalan ke fotocopy dan ingin menghemat biaya. Caranya sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda salah satunya.

Cara Scan Dokumen Menggunakan Android dengan Mudah

Kita harusnya bersyukur hidup dizaman yang serba canggih ini. Karena kita sangat dimudahkan dalam melakukan banyak hal, salah satunya adalah scan dokumen yang kini bisa anda lakukan tanpa menggunakan mesin scanner. Banyak sekali aplikasi tools yang bisa anda gunakan untuk menscan dokumen menggunakan smartphone android. Namun IT Smurf hanya akan memberitahu cara scan menggunakan hp yang paling mudah untuk dilakukan.

Jika anda penasaran dengan cara scan melalui hp android, berikut ini langkah-langkah cara scan dokumen tanpa mesin scanner.
  • Pertama jika anda menggunakan hp android, sudah pasti akan ada aplikasi google drive di hp anda. Jika anda belum memiliki aplikasi google drive, anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di playstore secara gratis.
  • Buka aplikasi google drive, lalu klik ikon plus(+) yang ada di pojok kanan bawah halaman utama.
  • Kemudian pilih menu scan. Maka anda akan dialihkan ke kamera.
  • Lalu arahkan kamera ke dokumen yang ingin anda scan. Lalu jepret layaknya anda mengambil foto.
  • Jika dirasa sudah cukup pas dan bagus, klik tombol centang yang ada dibagian kanan shutter.
  • Maka anda akan dialihka ke halaman edit, ada bisa memotong, merotasi, bahkan menambahkan filter untuk merubah warna dokumen.
  • Jika sudah selesai mengedit, klik tombol save untuk menyimpan hasil edit tadi.
  • Beri nama file pada foto tadi sesuai dengan keinginan anda, kemudian klik save untuk menyimpan hasil scan.
  • Setelah proses saving selesai, maka hasil scan tadi sudah tersimpan di google drive anda.
  • Anda bisa mendownload ataupun membagikan file hasil scan tadi.


Semua dokumen yang anda scan melalui google drive maka akan memiliki hasil file dengan format pdf. Cara ini juga bisa anda lakukan di hp iphone. Anda hanya perlu memasang aplikasi google drive di hp iphone milik anda.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara scan dokumen menggunakan hp android dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, apabia anda merasa artikel ini sangat bermanfaaat dan berguna. Thank u and see u next time bro!

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara scan dokumen menggunakan hp android"