Cara menghemat baterai android

Cara menghemat baterai android - Untuk bisa menggunakan smartphone seharian penuh, tentu saja anda memerlukan sebuah smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang sangat besar. Namun, kapasitas baterai yang besar bukanlah jaminan smartphone tersebut bisa digunakan seharian full. Apalagi jika anda adalah seorang gamer mobile yang sering menghabiskan waktu untuk bermain game di smartphone, tentu saja kegiatan tersebut akan sangat cepat menguras kapasitas baterai.

Cara menghemat baterai android

Bagi anda yang belum mempunyai smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, anda bisa melakukan penghematan baterai. Sehingga memungkinkan anda untuk menggunakan smartphone lebih lama. Banyak sekali untuk menghemat baterai.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara menghemat baterai android sehingga anda bisa menggunakannya lebih lama dari biasanya. Cara ini sangat cocok digunakan oleh anda yang sering beraktivitas diluar ruangan. Karena ketika anda sedang beraktivitas diluar ruangan, anda tidak bisa melakukan pengisian daya secara maksimal walaupun anda membawa powerbank.


Cara Menghemat Baterai Android dengan Mudah

Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi baterai seperti kecerahan layar, data seluller, aplikasi yang berjalan di latar belakang dan masih banyak lainnya. Nah pada artikel ini IT Smurf akan memberitahu beberapa cara untuk menghemat baterai android dengan mudah.

Kecerahan Layar dan Screen Time Out

Kecerahan layar merupakan salah satu faktor yang paling signifikan dalam mengonsumsi baterai. Karena semakin terang layar, maka akan semakin besar pula daya yang konsumsi. Nah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai android ialah dengan meredupkan layar android anda. Selain itu, anda juga bisa mengatur screen time out atau mematikan layar secara otomatis jika sudah tidak digunakan dalam waktu cepat.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur screen time out pada smartphone android agar lebih hemat baterai.
  • Pertama, buka aplikasi pengaturan yang ada pada smartphone anda.
  • Lalu cari dan pilih menu tampilan
  • Kemudian atur screen time out anda menjadi lebih cepat.
  • Matikan kecerahan otomatis pada menu kecerahan.


Mematikan Akses GPS

Nah salah satu fitur yang memang sering digunakan sekarang ialah GPS. Bagi anda yang sering memesan sesuatu di layanan ojek online atau sering berpergian menggunakan bantuan google maps, anda pasti sudah mengetahui manfaat dan kegunaan GPS.

Walaupun GPS ini memiliki manfaat, anda harus pintar-pintar mengaktifkan GPS. Karena jika GPS aktif secara terus menerus, tentu saja ia akan mengkonsumsi banyak baterai dalam waktu cepat. Maka dari itu, jika anda menginginkan baterai smartphone yang lebih awet, anda bisa mematikan gps anda jika sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu, GPS tidak akan mengkonsumsi daya lagi.

Menggunakan Power Saving

Salah satu fitur yang sudah pasti dimiliki semua hp android ialah power saving atau hemat baterai. Fitur ini merupakan fitur bawaan smartphone yang sedang anda gunakan sekarang. Manfaat dari power saving pun sangat terasa. Karena jika anda menyalakan atau mengaktifkan fitur power saving, smartphone anda akan lebih hemat dalam mengkonsumsi daya.

Cara ini sangat cocok sekali bagi anda yang tidak mau ribet. Biasanya fitur power saving ini bisa anda aktifkan di bar atas atau pengaturan. Namun cara ini sangat tidak cocok diaktifkan ketika anda sedang melakukan gaming. Karena kinerja dan performa smartphone akan sangat menurun.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara menghemat baterai android dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time !

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara menghemat baterai android"