Cara print dokumen excel dengan mudah

Cara print dokumen excel dengan mudah - Microsoft Excel merupakan software pengolah angka yang merupakan salah satu software Microsoft office. Banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mengolah data keuangan, kantor, perusahaan, akuntansi, dan hal lainnya. Karena kini sudah merupakan zaman industry 4.0, dimana hampir semuanya sudah menggunakan teknologi.

Cara print dokumen excel dengan mudah

Jika anda baru saja lulus dari SMA atau SMP, tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan software excel ini. Karena biasanya pada sekolah menengah sudah diajarkan menggunakan software office seperti excel ini. Nah data yang dibuat di excel merupakan berbentuk dokumen dengan format xlsx. Namun terkadang kita juga ingin mencetak dokumen tersebut.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara print dokumen excel dengan mudah. Banyak sekali orang yang kebingungan dalam melakukan print dokumen excel. Karena tampilannya yang sangat berbeda dengan Microsoft office lainnya. Sehingga sering sekali table terpotong dan tidak sempurna. Jika anda penasaran dengan cara print dokumen excel, yuk simak artikel ini hingga akhir.

Cara Print Dokumen Excel dengan Mudah dan Tidak Terpotong

Sebenarnya caranya sangatlah mudah dan tidak jauh berbeda dengan mencetak dokumen word. Namun ada sedikit pengaturan yang harus dilakukan untuk menyesuaikan dan mendapatkan hasil yang bagus. Berikut ini Langkah-langkah untuk print dokumen excel agar tidak terpotong.

 

Print Excel dengan Mengatur Print Area

  • Pertama, siapkan dokumen excel yang akan anda cetak.
  • Kemudian buka file excel tersebut, klik Page Layout pada tab menu. Pilih opsi size untuk menentukan kertas yang akan digunakan. Sesuaikan ukuran kertas dengan kertas yang akan anda gunakan untuk print.
  • Selanjutnya blok semua data table yang akan anda print. Hanya data yang akan anda print saja yang anda blok, agar rapih.
  • Lalu klik tab menu Page Layout pilih opsi Set Print Area.
  • Jika sudah siap, klik file kemudian klik print. Atau bisa juga menggunakan shortcut untuk print yaitu Ctrl + P.
  • Tunggu hingga proses print selesai.

 

Tips dan Trik Print Excel agar Tidak Terpotong

1. Konversi Ke Tabel

Cara ini dilakukan agar data excel lebih rapih dan bagus. Caranya dengan cara blok semua data yang akan di konversi ke tabel, kemudian pilih Tab Menu Home > Format as Table lalu pilih format dan warna table yang anda inginkan.

2. Mengatur Print Area

Misalkan anda memiliki data yang banyak dalam satu file excel, namun anda hanya ingin print beberapa data saja. Anda bisa mengatur print area dengan cara blok data data yang akan anda print. Lalu klik Tab Menu Page Layout pilih Set Print area. Dengan begitu data yang di print hanya data yang sudah anda blok sebelumnya.

3. Periksa Data

Periksa lagi data yang akan anda print. Pastikan semua data terlihat dan tidak terpotong. Jika data terlihat separuhnya, anda harus melebarkan kolom tersebut. Sehingga data akan terlihat semuanya. Tentu saja itu akan lebih baik.

4. Mengatur Orientation, Margin dan Scalling

Anda bisa mengatur margin dan lainnya agar terlihat rapih. Klik ctrl + p untuk melakukan print. Namun sebelum mencetaknya anda bisa mengatur orientation, margin dan scalling terlebih dahulu. Atur hingga data terlihat rapih dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara print dokumen excel denganmudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time browwww !

 

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara print dokumen excel dengan mudah"