IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.

Cara Menggunakan cin untuk Memasukkan suatu Nilai ke Variabel - Kemarin IT Smurf sudah membahas mengenai syntax cout untuk menampilkan sebuah teks dan juga menampilkan variabel. Nah pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara menginputkan suatu teks ke sebuah variabel lalu memunculkannya. Namun sebelum melakukan ini, anda harus mengetahui beberapa tipe data yang sangat penting untuk diketahui.

 

Tipe data pada C++ dan cara input

Tipe Data pada C++ yang Harus diketahui

TIPE DATA

BENTUK PENULISAN

Boolean

bool

Character

char

Integer

int

Floating Point

float

Double Floating Point

double

String

string

Valueless

void

 

Cara Menggunakan cin untuk Memasukkan suatu Nilai ke Variabel

Tipe Data Boolean

Tipe data ini dituliskan bool yang hanya memiliki nilai true or false. Biasanya tipe data ini digunakan untuk melakukan pernyataan.

 Nah, source code diatas merupakan contoh program yang menggunakan syntax cin untuk memasukkan nilai ke variabel angka. lalu melakukan pengecekkan apakah inputan tersebut lebih besar dari 10 atau tidak. Jika variabel angka memiliki nilai lebih besar dari 10, maka output dari program tersebut adalah 1 yang berarti True. Jika nilai variabel angka lebih kecil dari 10, maka keluaran dari program tersebut adalah 0 (False).

Tipe Data Character

Tipe data ini dituliskan char yang bisa diinputkan huruf, angka dan symbol dengan format tunggal atau satu karakter saja.

 Nah source code diatas merupakan contoh penggunaan variabel dengan tipe data char. pada program diatas terdapat variabel nilai. lalu input A/B/C/D ke variabel nilai. Setelah diinputkan, maka akan menampilkan teks dari variabel nilai tersebut.

Tipe Data Integer

Tipe data ini dituliskan int yang bisa memnerima inputan bilangan bulat saja. Karena ini merupakan salah satu tipe data numerik.

 Program diatas merupakan salah satu contoh penggunaan tipe data integer. Jika anda mau mengetahui keluaran dari program diatas, anda bisa menjalankan program tersebut.

Tipe Data Floating Point

Tipe data ini dituliskan float yang merupakan salah satu tipe data  numerik, yang artinya dapat menerima inputan angka. Perbedaan float dengan int, tipe data float ini mampu menerima inputan bilangan decimal.

 

Tipe Data String

Tipe data ini dituliskan string yang bisa menerima inputan berupa angka, abjad dan juga symbol yang disimpan dalam bentuk teks.

 

 Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara menggunakan syntax cin dan tipe data pada c++. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time eysss !

 

  

Related Posts

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk " Cara Menggunakan cin untuk Memasukkan suatu Nilai ke Variabel"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel