Cara Membuat File Zip di Mac dengan Mudah

Cara Membuat File Zip di Mac dengan Mudah - File ZIP merupakan sebuah file arsip hasil kompress yang didalamnya berisikan banyak file ataupun folder, file ini berkekstensi .zip. Banyak sekali tujuan orang mengkompress file mereka kedalam bentuk zip seperti menjadikan 1 file dari banyak file dan folder agar lebih mudah, membuat file mereka aman karena kompress zip bisa menggunakan password, menjadikan banyak file untuk dikirim menjadi 1 file saja, dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat File Zip di Mac dengan Mudah

Pada Mac, Mac os sudah memberikan tools atau fitur untuk mengkompressi file kebentuk zip. Dengan begitu apabila anda menggunakan mac, untuk membuat file zip anda tidak perlu mendownload atau menginstall aplikasi tambahan pihak ketiga lagi. Karena Mac Os sudah memberikan dan menyediakan fitur kompress zip. Namun apabila anda tetap ingin menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga kesayangan, anda masih tetap bisa melakukannya.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara membuat file zip di mac dengan mudah. Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk membuat file zip di mac. Anda bisa menggunakan tools bawaan, menggunakan terminal mac dan menggunakan aplikasi tambahan. Bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui cara mengkompress file kedalam bentuk zip pada mac, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Yuk simak friends . . .

Cara Membuat File ZIP di Mac OS

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat file zip di mac. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengkompress file kedalam bentuk zip di mac dengan mudah.

Membuat File Zip Menggunakan Tools Bawaan Mac

Anda tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mengkompress file kedalam bentuk zip. Karena mac os sendiri sudah menyediakan fitur kompressi. Berikut ini langkah-langkah untuk mengkompress file kedalam bentuk zip menggunakan tool bawaan mac.
  • Pertama, buka aplikasi finder pada mac.
  • Kemudian pindahkan semua file yang ingin anda kompress kebentuk zip pada satu folder yang sama,
  • Lalu klik kanan pada folder tersebut, pilih opsi Compress Items.
  • Atau anda juga bisa membuka folder tersebut terlebih dahulu, lalu seleksi semua file yang ada didalam folder tersebut.
  • Selanjutnya klik kanan pada salah satu file yang sudah di seleksi.
  • Pilih opsi Compress X Items. X merupakan banyaknya file yang anda seleksi.
  • Maka mac os akan membuat file zip. Hasil kompress akan tersimpan difolder tersebut.

Membuat File ZIP Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Pada Mac

Sebenarnya anda tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan untuk mengkompressi file kedalam bentuk zip pada mac os. Karena mac os sudah membawa fitur kompress sendiri. Namun apabila anda ingin menggunakan aplikasi tambahan, anda bisa menginstall aplikasi B1 Free Archiver. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi B1 Free Archiver
  • Apabila sudah terinstall, buka aplikasi B1 Free Archiver tersebut.
  • Pilih file yang akan anda arsipkan.
  • Lalu klik Create yang berada dipojok kiri atas.
  • Kemudian klik browser untuk memilih lokasi penyimpanan file zip nantinya.
  • Jika sudah, pilih format Archive pada menu.
  • Terakhir klik Start untuk memulai proses kompress.
  • Maka file zip hasil kompressi tadi akan disimpan pada folder yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara membuat file zip pada mac os dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini apabila anda suka dengan artikel ini. Thank u and see u next time friends . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Membuat File Zip di Mac dengan Mudah"