Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah

Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah - Laptop merupakan salah satu perangkat yang sering digunakan untuk membantu tugas atau pekerjaan seseorang. Apabila dibandingkan dengan pc, laptop ini lebih unggul karena bisa dibawa-bawa kemana saja. Karena hal tersebutlah laptop menjadi pilihan banyak orang. Walaupun kegunaannya sama, namun karena adanya perbedaan pada portabilitasnya, laptop menjadi pilihan.

Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah

Laptop terdiri dari komponen-komponen seperti pc yaitu motherboard , cpu, storage, RAM dan lain sebagainya. Banyak yang kebingungan akan spesifikasi detail terkait laptop. Banyak orang yang hanya memperhatikan penyimpanan seperti RAM dan storage harddisk. Karena laptop memiliki spesifikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan si pengguna.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara melihat ram laptop dengan mudah. Sebenarnya cara ini sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Karena anda bisa melakukan pengecekkan melalui beberapa cara. Bagi anda yang belum mengetahui cara melihat ram laptop, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Yuk simak friends . . .

Cara Melihat RAM Laptop dengan Mudah

Seperti yang dibilang sebelumnya, melihat kapasitas RAM pada laptop sangatlah mudah untuk dilakukan serta banyak cara yang bisa anda gunakan untuk melakukannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek kapasitas RAM Laptop dengan mudah.

Cek RAM Menggunakan CMD

Nah mungkin anda sangat sering mendengar sebutan cmd atau command prompt. Anda bisa menggunakan ini untuk mengecek kapasitas RAM Laptop dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek RAM laptop menggunakan dxdiag melalui CMD.
  • Pertama anda harus membuka cmd terlebih dahulu dengan cara tekan keyboard icon windows + R lalu ketikkan "cmd" tanpa tanda kutip lalu enter.
  • Apabila command prompt sudah terbuka, selanjutnya anda bisa memberi command atau perintah "dxdiag" lalu enter.
  • Maka aplikasi dxdiag akan terbuka dan menampilkan beberapa informasi terkait laptop yang anda gunakan.
  • Informasi yang ditampilkannya juga sangat akurat.

Cek RAM Menggunakan DxDiag

Sebenarnya dxdiag ini bisa dibuka secara langsung tanpa haruus membuka command prompt. Berikut ini langkah-langkah untuk melihat kapasitas RAM menggunakan DxDiag.
  • Pertama tekan keyboard icon windows + R, maka anda akan melihat sebuah pop up dipojok kiri bawah.
  • Lalu ketik "dxdiag" tanpa tanda kutip kemudian enter.
  • Maka dxdiag akan terbuka dan menampilkan informasi terkait laptop yang anda gunakan.
  • Seperti RAM, CPU, Kartu Grafis yang digunakan, Storage dan lain sebagainya.

Cek RAM Menggunakan CPU-Z

Jika kedua cara sebelumnya menggunakan aplikasi bawaan windows, berbeda dengan cara yang ketiga ini. Karena cara ini membutuhkan aplikasi tambahan yang bernama CPU-Z. Beikut ini cara melihat kapasitas RAM menggunakan CPU-Z.
  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi CPU-z. Anda bisa mencarinya di google lalu download dan install cpu-z yang sudah anda download.
  • Apabila CPU-z sudah berhasil di install, kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Maka aplikasi tersebut akan menampilkan informasi terkait spesifikasi laptop yang anda gunakan. 
  • Nah anda bisa melihat kapasitas RAM laptop yang anda gunakan.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara melihat kapasitas RAM laptop dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda agar teman anda juga mengetahui cara mengecek ram laptop dengan mudah. Thank u and see u next time friends . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah"