Cara Melihat Mac Address Laptop dengan Mudah

Cara Melihat Mac Address Laptop dengan Mudah - Mac Address merupakan sebuah alamat jaringan yang berada pada data link layer pada lapisan OSI. Mac Address atau Media Access Control berisikan kode unik yang berada pada setiap hardware jaringan komputer yang terhubung  pada jaringan internet. Setiap laptop atau komputer pasti memilii Mac Address yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Karena jika Mac Address memiliki kode yang sama, maka akan terjadi error.

Cara Melihat Mac Address Laptop dengan Mudah

Apabila Mac Address memiliki kesamaan antara satu dengan yang yang lain, maka sistem akan membaca bahwa itu adalah satu device. Walaupun sebenarnya terdapat lebih dari satu perangkat, namun dikarenakan Mac address yang dimiliki sama, maka akan dianggap satu perangkat yang sama juga. Nah, mungkin anda penasaran dengan Mac Address yang terdapat pada laptop milik anda.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara melihat mac address laptop dengan mudah. Mungkin anda sangat ingin mengetahui bagaimana bentuk mac address, bagaimana cara melihat mac address, dan hal lain yang membuat anda penasaran. Sebenarnya cara melihat mac address sangatlah mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Baca artikel ini hingga akhir apabila anda ingin mengetahui cara melihat mac address. Yuk simak friends . . .

Cara Melihat Mac Address Laptop

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melihat mac address di laptop. Anda bisa menggunakan Command Prompt dan Pengaturan Jaringan untuk melihat mac address. Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun, karena untuk melihat mac address semua aplikasi yang dibutuhkan sudah tersedia.

Melihat Mac Address Menggunakan CMD

Nah cara yang paling mudah untuk dilakukan ialah menggunakan command prompt atau yang lebih dikenal dengan sebutan CMD. Walaupun kedengarannya cara ini sangat sulit untuk dilakukan, namun sebenarnya tidaklah sesulit apa yang anda kira. Berikut ini langkah-langkah melihat mac address menggunakan cmd dengan mudah.
  • Pertama anda perlu membuka Command Prompt terlebih dahulu. Caranya anda bisa melakukan pencarian pada icon windows dengan mengetikkan "Command Prompt" tanpa tanda kutip. Atau anda bisa menggunakan shortcut keyboard icon windows + R lalu ketikkan "cmd" tanpa tanda petik, kemudian enter.
  • Apabila cmd sudah terbuka, selanjutnya anda bisa mengetikkan perintah atau command untuk melihat mac address yaitu "ipconfig/all" lalu enter.
  • Maka anda akan melihat informasi terkait jaringan pada laptop anda, mulai dari ip address, mac address dan lain sebagainya.
  • Perhatikan bagian physical address, maka itulah mac address laptop anda.

Melihat Mac Address Melalui Pengaturan Jaringan

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, berikut ini langkah-langkah melihat mac address melalui pengaturan.
  • Pertama anda harus membuka control panel pada windows. Anda bisa melakukan pencarian dengan mengetikkan "control panel" tanpa tanda petik.
  • Apabila control panel sudah berhasil dibuka, selanjutnya anda bisa klik pada bagian Network Connection.
  • Tunggu hingga halaman adapter jaringan muncul. Apabila sudah muncul, klik pada bagian adapter yang sedang terkooneksi dengan internet, lalu klik kanan dan pilih opsi details.
  • Maka anda akan melihat mac address laptop anda pada bagian physical address.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara melihat mac address pada laptop dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui cara melihat mac address laptop dengan mudah. Thank u and see u next time friends . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Mac Address Laptop dengan Mudah"