Cara Cek Kapasitas Harddisk dengan Mudah

Cara Cek Kapasitas Harddisk dengan Mudah - Mungkin ketika anda baru pertama kali menggunakan komputer atau laptop, pasti anda penasaran dengana kapasitas harddisk yang anda pakai. Nah, sebenarnya anda bisa mengecek kapasitas harddisk dengan sangat mudah. Hal ini berlaku untuk semua jenis sistem operasi seperti windows 7, windows 8, windows 10, linux dan sistem operasi lainnya.

Cara Cek Kapasitas Harddisk dengan Mudah

Namun sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah sistem operasi windows, baik windows 7, 8 atau pun windows 10. Maka, kami akan buatkan tutorial mengecek kapasitas harddisk pada windows. Sebenarnya kapasitas harddisk sudah bisa anda lihat ketika anda membuka file explorer. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini IT Smur akan memberitahu cara mengecek kapasitas harddisk dengan mudah. Mengapa anda harus mengetahui kapasitas harddisk yang dimiliki ? tentu saja itu sangat penting, karena jika anda mengetahui kapasitas harddisk yang digunakan, anda akan bisa menyesuaikan file-file yang akan anda simpan didalamnya. Atau jika anda merasa kapasitas harddisk yang digunakan terlalu kecil, anda bisa menambahkan atau mengganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar.

Cara Cek Kapasitas Harddisk dengan Mudah

Nah bagi anda yang penasaran dengan cara cek kapasitas harddisk, berikut ini IT Smurf akan memberitahu 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek kapasitas harddisk yang tentunya sangat mudah untuk dilakukan.

Melalui File Explorer

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan yaitu mengecek melalui file explorer. Karena anda hanya cukup membuka file explorer, maka anda akan menegtahui kapasitas harddisk. Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek kapasitas harddisk melalui fil eexplorer dengan mudah.
  • Pertama, buka file explorer yang ada di laptop atau komputer anda.
  • Lalu, klik This PC atau My Computer yang biasanya ada di bagian kiri.
  • Nah anda hanya perlu menjumlahkan beberapa partisi yang muncul.
  • Maka anda akan menegtahui kapasitas penyimpanan harddisk yang anda miliki.

Melalui Disk Management

Nah cara kedua ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai penyimpanan harddisk jika dibandingkan dengan cara pertama tadi. Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek kapasitas harddisk melalui disk management.
  • Pertama buka disk management dengan cara menekan tombol windows + R secara bersamaan.
  • Lalu ketik diskmgmt.msc kemudia enter.
  • Maka anda akan melihat beberapa informasi terkait penyimpana komputer ataupun laptop anda dengan lengkap.
  • Untuk melihat total kapasitas harddisk yang tersedia, klik kanan pada disk 0, lalu pilih menu properties.
  • Akan muncul informasi total penyimpanan serta informasi penyimpanan yang sudah dipakai dan penyimpanan yang masih kosong.
Anda bebas memilih untuk melakukan cara pertama ataupun cara kedua. Jika anda ingin yang mudah dan cepat, kami IT Smurf menyarankan anda untuk mengikuti cara yang pertama. Namun jika anda menginginkan informasi yang lebih lengkap, anda bisa melakukan cara yang kedua. 

Sangat mudah bukan untuk mengecek kapasitas penyimpanan harddisk pada windows 10 ? ya tentu saja, karena anda tidak perlu repot-repot mendownload dan menginstal software tambahan apapun.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengecek kapasitas harddisk windows dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui cara mengecek kapasitas harddisk yang dipakai. Thank u and see u next time kawan . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kapasitas Harddisk dengan Mudah"