Perbedaan SSD dan HDD yang perlu anda ketahui

Perbedaan SSD dan HDD - Jika anda penggila teknologi atau anda sering merakit pc, tentu saja anda akan penasaran dengan perbedaan harddisk dengan SSD ? Sekilas kedua komponen tersebut memiliki fungsi yang sama. Namun perlu anda ketahui, sebenarnya dua komponen tersebut memiliki kemampuan yang sangat berbeda. Kesamaan dari dua komponen tersebut hanyalah pada fungsi utama yaitu untuk menyimpan data.

Perbedaan SSD dan HDD yang perlu anda ketahui

Harddisk merupakan salah satu komponen penyimpanan komputer yang sudah digunakan sejak lama. Hardisk berfungsi sebagai media penyimpanan data-data seperti file, atau menyimpan data sistem ataupun lainnya. Sedangkan SSD aatu Solid State Drive adalah komponen penyimpanan komputer seperti harddisk. Namun jika anda bertanya, mana yang lebih bagus ? tentu saja kami IT Smurf akan menjawab SSD. Alasannya adalah SSD merupakan hasil dari pengembangan harddisk dan merupakan teknologi yang baru saja diciptakan. Hal yang baru tentu saja lebih bagus jika dibandingkan dengan yang lama.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu perbedaan antara SSD dengan HDD atau Hard Disk. Jika anda sudah pernah melihat harddisk dan ssd, pasti anda akan menyimpulkan bahwa perbedaan hanya berada pada ukuran saja. Namun apabila anda sudah pernah menggunakan hdd dan harddisk, pasti anda akan mengetahui perbedaan yang sangat berpengaruh. Bagi anda yang ingin mengetahui perbedaan antara ssd dengan hdd, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Yuk simak guys . . .

Perbedaan HDD dengan SSD

Kami IT Smurf akan memberitahu anda beberapa perbedaan antara ssd dengan hdd. Berikut ini beberapa perbedaan ssd dengan hdd yang perlu anda ketahui.

Ukuran dan Berat

Ya, seperti yang sudah disebutkan diatas bagi anda yang hanya sekedar melihat kedua komponen ini pasti sudah mengetahui perbedaan ukuran dan berat dari kedua komponen ini. Jika dilihat dari ukurannya, SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dan tentu saja memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan hdd.

hdd masih menggunakan sebuah piringan untuk menyimpan data, sedangkan ssd sudah menggunakan chip yang saling terhubung sehingga memiliki ukuran yang sangat tipis serta ringan. 

Komponen dan Prinsip Kerja

Dari ukuran saja kita bisa menyimpulkan bahwa sudah pasti komponen yang ada didalam ssd dan hdd berbeda. hdd atau Hardisk Drive tersusun oleh komponen elektronik dan mekanik yaitu piringan, motor serta lengan yang berhubungan dengan piringan. Sistem kerja pada hardisk yaitu piringan berputar akibat dari motor, lalu lengan yang berhubungan dengan piringan akan membaca ataupun menulis data.

Sedangkan SSD hanya sebuah kepingan yang didalamnya terdiri dari komponen micro chip, integrated circuit serta komponen-komponen pendukung lainnya. Cara kerja ssd sama seperti cara kerja flashdisk dan ram yaitu secara elektrik. Berbeda dengan hdd yang bekerja secara elekrik dan mekanik.

Kecepatan Baca dan Tulis

Perbedaan baca dan tulis antara hdd dan ssd dangatlah signifikan. Karena memiliki sistem kerja yang berbeda, sudah pasti kecepatan baca dan tulis data akan berbedaa juga. hdd menggunakan piringan yang berputar dan lengan yang yang terhubung untuk membacaa atau menulis data. Sedangkan ssd sudah menggunakan micro chip untuk menyimpan dan menulis data. Perbedaan kecepatan antara hdd dan ssd yaitu ssd 8 kali lebih cepat dibandingkan hdd.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai perbedaan hdd dan ssd yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time guys  . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Perbedaan SSD dan HDD yang perlu anda ketahui"