Cara Mengecek DirectX Windows dengan Mudah

Cara Mengecek DirectX Windows dengan Mudah - Jika berbicara soal laptop ataupun komputer tentu saja anda sudah mengetahui hal tersebut. Dalam sebuah komputer ataupun laptop, pasti memiliki hardware. Nah sebenarnya semua hardware yang ada di dalam komputer ataupun laptop tidak akan berguna bagi anda jika tidak terinstall sistem operasi di dalamnya. Karena sistem operasi  berperan penting sebagai penghubung antara komponen satu dengan komponen lainnya.

Cara Mengecek DirectX Windows dengan Mudah

Sistem operasi komputer ataupun laptop yang sudah banyak digunakan oleh orang ialah sistem operasi windows. Sistem operasi windows ini terdiri dari beberapa versi muai dari windows 7, 8, 10 serta versi windows lain yang sudah terlalu lawas. 

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengecek directX pada laptop ataupun komputer. Sebenarnya apa DirectX itu ? Directx merupakan kumpulan software yang berperan di bagian tampilan serta digunakan untuk menjalankan software-software yang berkaitan dengan multimedia, game dan lainnya.

DirectX sendiri terdiri dari Direct3D, DirectX Media, DirectMusic, DirectSound, DirectDraw dan lainnya. Tentu saja dari komponen-komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan sudah pasti berbeda-beda. Lantas mengapa kita harus mengecek directx pada komputer ataupun laptop kita? hal ini dilakukan untuk mengecek apakah directx sudah terinstall atau belum di laptop kita. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengecek versi dari directx yang ada pada komputer ataupun laptop kita. Karena versi terbaru akan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan versi lawas.

Cara Mengecek DirectX dengan Mudah Windows 10

Nah pada artikel ini IT Smurf akan menjelaskan cara mengecek DirectX dengan mudah. Yuk simak biak-baik guys . . .

1. Buka Windows Run

Nah pertama, anda harus membuka windows run terlebih dahulu dengan cara menekan tombol windows + R pada keyboard. Nah jika keyboard anda mengalami masalah, anda bisa membaca cara menampilkan keyboard di layar.

2. Ketik dxdiag

Nah setelah windows run berhasil dibuka, selanjutnya anda ketikkan dxdiag pada kolom yang sudah disediakan, lalu enter atau klik ok.

3. DirectX

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka akan tampil program directx di layar laptop atau komputer anda. Anda bisa melihat beberapa informasi terkait directx yang terpasang pada laptop anda. Pastikan DirectX yang terpasang pada laptop anda merupakan directx versi terbaru.

Lantas bagaimana nasib laptop atau komputer yang belum terpasang directx ?

Jika komputer atau laptop anda belum terpasang directx atau anda ingin upgrade versinya, anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini.

1. Update Windows

Lakukan update windows jika anda ingin memperbarui directx yang sebelumnya sudah terpasang di laptop anda. 

2. Menginstal DirectX melalui Website

Cara kedua yaitu mendownload installer offline directx yang ada di website official, sehingga anda bisa menginstall directx kapan saja dan dimana saja dalam kondisi offline.

3. Menginstall DirectX melalui DriverPack

Cara ini bisa anda jadikan cara alternatif yaitu menginstall directx melalui driverpack solution. Karena ini bukanlah cara terbaik untuk diikuti oleh anda.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengecek direectx pada windows dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time kawan . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek DirectX Windows dengan Mudah"