Cara Mengatasi CPU Usage 100%

Cara Mengatasi CPU Usage 100% - Central Processing Unit atau yang lebih dikenal dengan sebutan CPU merupakan salah satu komponen utama pada sebuah komputer ataupun laptop. Bisa dibilang CPU merupakan otak yang berfungsi untuk memproses data yang dikirim dari software. Maka tanpa adanya CPU, komputer ataupun laptop tidak akan berjalan dengan normal.

Cara Mengatasi CPU Usage 100%

CPU sendiri memiliki batas maksimal kecepatan dengan satuan Hz. Semakin tinggi kecepatannya maka komputer anda akan cepat dalam melakukan suatu hal. Namun bukan hanya kecepatan cpu saja yan mempengaruhi kinerja komputer. Ada beberapa faktor yang bias menyebabkan kinerja dari processor atau CPU menjadi lambat.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi cpu usage 100% atau full load. Nah salah satu faktor yang memperlambat kinerja cpu adalah cpu usage 100%. Biasanya hal ini terjadi karena pengguna membuka banyak program di waktu yang sama atau yang lebih sering dikenal dengan multi tasking. Sehingga CPU mencapai batasannya dan tidak bisa menanggapi semua permintaan tersebut. alhasil CPU tersebut menyerah dan tidak bekerja semestinya.

Cara Mengatasi CPU Usage 100% di Windows

Namun jika memang benar anda melakukan multi tasking anda tidak akan heran dengan cpu usage 100%. Masalahnya adalah ketika anda tidak membuka program apapun, tetapi cpu usage mencapai 100% sehingga membuat komputer anda melambat. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cpu usage 100% pada laptop dengan mudah.

Matikan Program yang Tidak digunakan

Nah biasanya jika cpu usage 100% terdapat banyak program yang berjalan dilatar belakang tanpa sepengetahuan anda. Nah apabila anda merasa program-program yang berjalan di latar belakang kurang penting, anda bisa mematikan program-program tersebut melalui task manager. Berikut ini langkah-langkah mematikan program melalui task manager.

  • Pertama anda harus membuka task manager terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada taskbar, lalu klik task manager.
  • Apabila task manager sudah berhasil dibuka, selanjutnya klik tab processes.
  • Maka anda akan melihat program-program yang sedang berjalan.
  • Matikan program-program yang menurut anda tidak penting dengan cara klik program tersebut, lalu klik tombol End Task yang berada di pojok kanan bawah.
  • Lakukan hal tersebut hingga cpu usage berkurang.

Bersihkan Virus

Jika anda mengalami cpu usage 100%, anda bisa melakukan pembersihan virus terlebih dahulu. Bisa saja hal tersebut terjadi karena virus yang ada di laptop anda. Karena virus juga dapat menyebabkan cpu usage pada komputer menjadi tinggi. Anda bisa langsung melakukan scan menggunakan antivirus yang anda percaya. Jangan pernah sembarang menggunakan antivirus, karena bisa saja antivirus sembarang tersebut membawa virus.

Hapus Antivirus

Jika anda memiliki software antivirus lebih dari satu, maka anda harus menghapus software tersebut. Karena komputer anda hanya perlu memiliki satu anti virus saja. Anda bisa menyisakan satu program antivirus yang anda rasa cocok dan anda yakin bahwa program tersebut memang benar-benar antivirus.

Install Ulang Windows

Nah apabila semua cara diatas sudah anda lakukan namun masih belum merubah keadaan laptop anda. Salah satu cara yang paling ampuh untuk dilakukan adalah menginstall ulang windows laptop anda. Dengan begitu semua program dan file termasuk virus akan terhapus. Namun pastikan anda sudah membackup data-data penting sebelum melakukan install ulang.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi cpu usage 100% pada laptop atau komputer dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u next time kawan . . .

Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi CPU Usage 100%"