Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call - Whatsapp merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengirim pesan dengan cepat dan sudah populer di dunia. Selain mengirim pesan, whatsapp juga menyediakan beberapa fitur lainnya seperti mengirim pesan teks, melakukan panggilan suara, melakukan panggilan video serta fitur menarik lainnya. Fitur-fitur tersebut yang membuat whatsapp memiliki banak pengguna hingga sekarang.

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Dengan adanya banyak fitur yang disediakan oleh whatsapp, tentu saja kita akan merasa sangat puas dan berterimakasih kepada whatsapp karena sudah menyediakan fitur tersebut secara gratis. Namun tidak sedikit orang yang tidak bisa menggunakan beberapa fitur whatsapp seperti panggilan video contohnya. Nah sebenarnya masalah tersebut bukanlah masalah yang serius, sangat mudah sekali untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call dengan mudah. Bagi anda yang mengalami hal ini, janga khawatir dan berkecil hati anda tidak bisa melakukan video call menggunakan whatsapp. Karena IT Smurf akan memberitahu anda solusi dari permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Bagi anda yang tidak bisa melakukan video call di whatsapp, sebenarnya hal ini bisa saja dikarenakan oleh beberapa pengaturan dan perizinan yang salah. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi whatsapp yang tidak bisa melakukan video call.

1. Izinkan WhatsApp Mengakses Kamera

Pastikan anda sudah mengizinkan whatsapp untuk mengakses kamera. Karena seperti yang anda ketahui bahwa video call memerlukan kamera. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan.
  • Pertama, buka pengaturan yang ada di smartphone anda.
  • Kemudian buka menu aplikasi.
  • Pilih Aplikasi Whatsapp.
  • Lalu pilih menu perizinan, selanjutnya izinkan kamera.

2. Izinkan WhatsApp Mengakses Microfon

Pastikan juga whatsapp anda sudah memiliki izin untuk mengakses microfon. Karena panggilan video juga memerlukan microfon. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan.
  • Pertama, buka pengaturan yang ada di smartphone anda.
  • Kemudian buka menu aplikasi.
  • Pilih Aplikasi Whatsapp.
  • Lalu pilih menu perizinan, selanjutnya izinkan microfon.

3. Hapus Cache WhatsApp

Bisa saja error ini terjadi karena cache whatsapp anda yang sudah terlalu menumpuk. Berikut ini cara menghapus cache whatsapp dengan mudah. 
  • Pertama, buka aplikasi pengaturan yang ada di smartphone anda.
  • Lalu pilih menu aplikasi, kemudian pilih aplikasi whatsapp.
  • Selanjutnya pilih menu penyimpanan, lalu pilih Hapus Cache.
  • Kemudian pilih paksa berhenti whatsapp.
  • Buka aplikasi whatsapp, lalu lakukan video call.

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Video call merupakan kegiatan yang memerlukan koneksi internet yang stabil. Karena ia akan mengirim dan menerima suara serta video dalam waktu yang bersamaan. Jika koneksi internet anda buruk, bisa dipastikan anda akan kesulitan untuk melakukan video call. Perlu anda ketahui, kejernihan video bergantung pada konektivitas jaringan internet anda.

5. Update WhatsApp ke Versi Terbaru

Whatsapp merupakan aplikasi yang masi terus melakukan update hingga sekarang. Pastikan anda menggunakan whatsapp versi terupdate sebelum anda menggunakan fitur-fitur dari whatsapp. Untuk memperbarui atau mengupdate whatsapp, anda bisa langsung pergi ke playstore, lalu melakukan update.

Apabila masalah ini masih belum terselesaikan,lakukan install ulang whatsapp, dan pastikan anda membackup chatting ynag menurut anda penting.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Thank u and see u nexttime kawan . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call"