Cara Cek Umur dan Kesehatan Harddisk

Cara Cek Umur dan Kesehatan Harddisk - Harddisk merupakan salah satu komponen yang bisa dibilang penting dalam sebuah komputer ataupun laptop. Karena harddisk sendiri berfungsi untuk menyimpan sistem operasi ataupun file penting lainnya. Namun banyak orang yang sudah mulai beralih menggunakan ssd sebagai penyimpan sistem operasi. Karena kecepatan read/write yang lebih tinggi dibandingkan dengan harddisk.

Cara Cek Umur dan Kesehatan Harddisk

Namun bukan berarti harddisk sudah tidak digunakan lagi, harddisk tetap digunakan hanya saja untuk menyimpan data sekunder. Untuk menjaga harddisk dari kerusakan yang bisa menyebabkan data-data yang ada didalamnya hilang, maka anda harus tahu umur dan kesehatan dari harddisk yang anda gunakan. Dengan begitu anda bisa mengetahui kondisi harddisk yang anda miliki masih layak untuk digunaakn atau tidak.

Pada kesempatan kali ini IT Smurf akan memberitahu cara mengetahui umur harddisk serta kesehatan harddisk dengan mudah. Memang jika dilihat dari fisik semua harddisk sama saja, bahkan bisa dibilang sangat sulit untuk mengetahui umur ataupun kesehatan harddisk. Namun anda bisa dengan mudah mengetahui umur serta kesehatan harddisk dengan menggunakan bantuan software-software yang bisa anda pakai secara gratis dan sangat mudah.

Apabila anda belum mengetahui software apa saja yang bisa anda pakai untuk mengetahui umur dan kesehatan harddisk, anda bisa membaca artikel ini hingga akhir karena IT Smurf juga akan memberitahu langkah-langkah melakukan pengecekkan harddisk menggunakan software-software tersebut.

Cara Mengetahui Umur dan Kesehatan Harddisk dengan Mudah

Banyak sekali software-software yang bisa anda pakai untuk mengecek kondisi harddisk anda. Berikut ini beberapa software yang bisa anda gunakan untuk mengecek keadaan harddisk anda dengan mudah.

Menggunakan Software HDTune

HDTune merupakan salah satu software yang bisa anda pakai untuk mengetahui umur dan kesehatan bahkan semua informasi terkait harddisk yang anda gunakan. Software HDTune ini memiliki fitur S.M.A.R.T yang tentunya dapat memudahkan anda untuk mengecek harddisk. Berikut inilangkah-langkah menggunakan software HDTune untuk mengecek kesehatan harddisk.
  • Pertama, install software HDTune pada laptop atau komputer yang akan anda cek harddisknya. Anda bisa langsung mendownload software HDTune melalui website official mereka yaitu http://www.hdtune.com/ 
  • Jika sudah berhasil di install, anda bisa langsung membuka software tersebut, lalu klik pada bagian health, maka anda akan melihat semua informasi mengenai harddisk yang anda gunakan.
  • Jika anda ingin mengecek kerusakan pada harddisk, anda bisa langsung klik bagian error scan.

Menggunakan Software Harddisk Sentinel

Harddisk sentinel merupakan salah satu software yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kesehatan harddisk yang anda gunakan sekarang. Sebenarnya sama saja dengan software sebelumnya yaitu HDTune. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengecek kondisi harddisk menggunakan software harddisk sentinel.
  • Pertama, download dan install software harddisk sentinel yang bisa anda download langsung melalui website official mereka yaitu http://hdsentinel.com/ 
  • Jika sudah terinstall, buka software tersebut, lalu pilih disk yang akan anda cek.
  • Tunggu proses hingga selesai, apabila proses seudah selesai, anda akan melihat semua informasi terkait harddisk yang anda gunakan.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara cek umur dan kesehatan harddisk dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan artikel ini kepada teman anda, agar teman anda juga mengetahui cara cek umur dan kesehatan harddisk dengan mudah. Thank u and see u next time kawan . . .
Naufal Taufiq Ridwan
Naufal Taufiq Ridwan Menuju tak terbatas dan melampauinya. Ikuti saya di instagram @yaelahfal_

Posting Komentar untuk "Cara Cek Umur dan Kesehatan Harddisk"